Minggu, 09 Oktober 2016

Aplikasi Pola Hidup Sehat Berbasis Android

Makan dan minum adalah kebutuhan pokok setiap manusia, dan Tuhan sudah menyediakan banyak sekali sumber makanan dan minuman. Manusia termasuk kedalam golongan omnivora, atau dengan kata lain adalah pemakan segala, dapat memakan dan meminum berbagai macam jenis makanan dan minuman. Hal ini sering kali menyebabkan manusia tidak dapat mengontrol nafsu makan dan minumnya, sehingga makanan dan minuman yang dikonsumsi secara berlebih dan sembarangan dapat menimbulkan beberapa penyakit, seperti kolestrol, obesitas, bahkan jantung.

Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang murah dan enak, itulah penyebabnya restoran cepat saji di Indonesia sangat menjamur. Mengonsumsi makanan cepat saji itu tidak baik untuk kesehatan karena mengandung kadar garam, gula, lemak dan kalori yang sangat tinggi. Selain itu, mudahnya menemukan makanan yang kurang sehat di pinggir jalan dan kurangnya kesadaran dalam menjaga pola hidup sehat, itu menyebabkan bertambahnya jumlah manusia yang mengalami penyakit kolestrol, jantung, dan yang paling banyak adalah obesitas. Masalah ini sebenarnya bisa dicegah bila manusia menjaga pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin. Seiring berkembangnya teknologi saat ini yang menyediakan segala sesuatunya dalam bentuk aplikasi mobile, seharusnya ada aplikasi yang membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu individu yang memiliki masalah berat badan berlebih atau obesitas secara digital. Aplikasi yang akan membantu dengan memberikan sebuah pengingat untuk melakukan 3 pola hidup sehat, yaitu diet mayo, OCD (Obsessive Corbuzier's Diet), food combining, dan video olahraga yang berbasis Android. Dimana nanti setiap penggunanya dapat memilih program hidup sehat mana yang kira-kira sesuai atau cocok dengan tubuhnya dan tentunya akan memaksimalkan hasil yang didapat.

Aplikasi ini akan sangat berguna untuk wanita yang berusia diatas 17 tahun dan laki-laki diatas 20 tahun, karena pada umur tersebut sudah tidak masuk kedalam masa pertumbuhan dan jika tidak berada dalam masa pertumbuhan, maka dapat dilakukan diet. Pembuatan aplikasi pengingat diet dan olahraga ini berbasis Android, dimana nantinya dalam aplikasi tersedia 3 metode pola hidup sehat yaitu diet mayo, OCD (Obsessive Corbuzier's Diet),  food combining, dan video olahraga sebagai penunjangnya.

Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memberi informasi tentang pola hidup sehat, mengingatkan pengguna agar menjaga pola makan dengan benar dengan menggunakan alarm, dan berolahraga, yang diharapkan pengguna mendapat tubuh yang sehat dan memiliki berat badan yang proporsional.

1 komentar: