Kamis, 23 Juni 2016

Android N

Belum lama ini Android mengeluarkan sistem operasi terbarunya yaitu Android N. N itu sendiri adalah sebuah codename dan Android masih menacari nama yang cocok untuk sistem operasi terbarunya ini. Android N pertama kali dirilis sebagai Developer Preview pada 9 Maret 2016, lalu pada tanggal 13 April 2016 Android N Developer Preview 2 diumumkan, dilanutkan pada tanggal 18 Mei 2016 Android N Developer Preview 3 muncul dan yang pembaharuan terakhir pada tanggal 15 Juni 2016 tersedia Android N Developer Preview 4.

Dalam sebuah blogspot di Medium, Hiroshi Lockheimer (SVP for Android, Chrome OS, dan Chromecast, Google) mengutarakan bahwa keputusan merilis versi preview Android N ini bertujuan untuk memperoleh lebih banyak masukan. Bukan hanya dari pengembang melainkan juga dari pengguna (end-user). Lockheimer mengungkapkan rencana bahwa Google akan merilis versi preview Android N dalam 5 tahap, sebelum akhirnya menerbitkan versi final pada juartal ketiga 2016.

Beberapa fitur baru yang sudah bisa di coba pada versi preview Android N ini antara lain:

1.      Multi-window
Pada Android N, Google akan memberikan opsi kepada pengguna untuk mengaktifkan metode 2 layar yang terpisah (split-screen), baik di ponsel maupun komputer tablet. Dengan demikian, pengguna dapat menjalankan 2 aplikasi berbeda secara bersamaan dan melihatnya secara berdampingan. Opsi lainnya adalah mode Picture-in-Picture (PiP), fitur yang umum ditemui pada layar televisi untuk menampilkan layar kecil di pojok tampilan layar yang lebih besar.

2.      Direct reply notifications
Pengguna dapat membalas pesan secara langsung dari notifikasi pesan masuk yang muncul di bagian atas layar, tanpa perlu masuk ke aplikasi pesan yang bersangkutan.

3.      Bundled notifications
Pengguna dapat menerima beberapa notifikasi dari sebuah aplikasi yang sama, yang kemudian dikumpulkan menjadi satu bundel notifikasi. Misalnya, pengguna meneima 10 pesan dari 3 orang berbeda di WhatsApp, namun notifikasi yang ditampilkan hanya satu buah.

4.      Efficiency
Pada Android Marshmallow, Google memperkenalkan fitur Doze untuk menghemat baterai saat perangkat sedang nonaktif. Sekarang, pada Android N, Doze juga akan menghemat baterai saat layar sedang padam.

Itu tadi sedikit mengenai sistem operasi terbaru dari Android yaitu Android N. Semoga bermanfaat J


Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar