Senin, 30 Mei 2016

Seni Jalanan "Street Art"

Seni jalanan adalah seni rupa yang dibuat di lokasi publik. Istilah ini mendapatkan popularitas selama seni grafiti booming dari awal 1980-an dan terus diterapkan pada inkarnasi berikutnya. Grafiti stensil, wheatpasted poster seni atau sticker art, dan jalan instalasi atau patung adalah bentuk umum dari seni jalanan modern. Proyeksi video, Yarn boombing dan Lock On sculpture menjadi populer pada pergantian abad ke-21.


Istilah "urban art", "guerrilla art", "post-graffiti" and "neo-graffiti" juga kadang-kadang digunakan ketika mengacu pada karya seni yang dibuat dalam konteks ini. Karya seni grafiti cat-semprot tradisional itu sendiri sering dimasukkan dalam kategori ini, termasuk grafiti teritorial atau vandalisme murni.

Jalan seni sering dimotivasi oleh preferensi pada bagian dari seniman untuk berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat luas, bebas dari yang dirasakan dari dunia seni formal. Seniman jalanan kadang-kadang menyajikan konten yang relevan secara sosial diresapi dengan nilai estetika, untuk menarik memperhatikan penyebab atau sebagai bentuk "provokasi seni".


Seni jalanan ada di seluruh dunia, kota-kota besar dan kota-kota regional dunia adalah rumah bagi beberapa bentuk komunitas street art, yang seniman perintis atau cikal bakal media atau teknik tertentu muncul.

Seniman jalanan sering melakukan perjalanan antar negara untuk menyebarkan desain mereka. Beberapa seniman telah mendapatkan penggemar sendiri, media dan perhatian dunia seni, dan telah pergi untuk bekerja secara komersial dalam gaya yang membuat pekerjaan mereka dikenal di jalan-jalan.


Seniman telah menantang dengan menempatkan seni dalam konteks non-seni. Seniman jalanan tidak bercita-cita untuk mengubah definisi sebuah karya seni, melainkan mempertanyakan lingkungan yang ada dengan bahasanya sendiri. Motivasi dan tujuan yang mendorong seniman jalanan sangat beragam seperti seniman sendiri. Seniman 'Street' berusaha untuk memiliki pekerjaan mereka berkomunikasi dengan orang-orang sehari-hari tentang tema sosial yang relevan dengan cara yang diinformasikan oleh nilai-nilai estetika tanpa dipenjarakan oleh mereka. Ada arus kuat dari aktivisme dan subversi dalam seni perkotaan. Jalan seni bisa menjadi platform yang kuat untuk mencapai bentuk ampuh ekspresi politik bagi tertindas publik dan, atau orang-orang dengan sedikit sumber daya untuk menciptakan perubahan.

Jadi sebenarnya seni jalanan adalah sebuah karya yang dituangkan langsung ke jalanan, temanya bisa berasal dari mana saja, umumnya adalah kehidupan sekitar dan kegelisahan.





Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Street_art

Tidak ada komentar:

Posting Komentar