Minggu, 01 Mei 2016

Smartwatch

Perkembangan teknologi sangatlah pesat, mulai dari ponsel layar sentuh, pc tablet, tv pintar, bahkan yang baru-baru ini yang cukup menarik adalah smartwatch. Ya, smartwatch atau yang berarti jam pintar adalah teknologi yang sekarang sudah mulai berkembang dan di minati oleh masyarakat luas.

Istilah Smartwatch secara umum berarti sebuah jam tangan yang dapat terhubung ke internet dan juga perangkat elektronik yang lain (smartphone atau tablet) untuk mendapatkan informasi yang akurat dari perangkat tersebut. Smartwatch dapat menjalankan fungsi dasar layaknya smartphone. Dengan smartwatch kita bisa memiliki akses ke berita, cuaca, gps, email, sms, telpon masuk dan masih banyak lagi.


Perkembangan jam tangan pintar saat ini bukan berarti teknologi ini baru saja muncul, ternyata dalam sejarahnya konsep smartwatch ini sudah ada sejak tahun 1978 saat Citizen mengeluarkan produk jam tangan berfitur kalkulator. Smartwatch berikutnya diluncurkan oleh arloji Seiko dengan arloji berprosesor tahun 1983 dan Casio dengan fitur kalkulator layar sentuhnya tahun 1984. Time Data Link tahun 1994 juga meluncurkan jam tangan yang bisa mengunduh data komputer.

Namun smartwacth berkembang cukup cepat setelah itu, perkembangan seara luas berawal dari Steve Mann menciptakan, merancang, dan membangun arloji Linux pertama di dunia yang menjadi cikal bakal smartwatch pada masa kini. Berikut sejarah perkembangan smartwatch dari awal sampai sekitar tahun 2013 :

1. 1998
Pada 1998, Steve Mann menciptakan, merancang, dan membangun arloji Linux pertama di dunia yang disajikan di IEEE ISSCC 2000, 7 Februari 2000.

2. 1999
Pada tahun 1999, Samsung meluncurkan ponsel jam tangan pertama di dunia, SPH-WP10. Gadget ini memiliki antena yang menonjol, layar LCD monokrom, dan daya tahan sekitar 90-menit waktu bicara dengan speaker terintegrasi serta mikrofon.

3. 2000
Smartwatch Linux pertama dipresentasikan pada IEEE ISSCC 2000, 7 Februari 2000, di mana presenter Steve Mann menerima julukan sebagai the father of wearable computing. Setelah itu pada Juni 2000, IBM menampilkan prototipe sebuah jam tangan Linux. Versi asli memiliki daya tahan 6 jam, yang kemudian diperluas menjadi 12 jam. Smartwatch ini dibenami memori 8MB dan menggunakan platform Linux 2.2. Setelah itu, IBM berkolaborasi dengan Citizen Watch Co menciptakan WatchPad. WatchPad 1,5 memiliki layar sensitif monokrom 320×240 QVGA dengan platform Linux 2.4. Menyusul kemudian, Epson Seiko memperkenalkan jam tangan Chrono-bit pada September.

4. 2003
Pada 2003 Fosil merilis PDA Wrist, jam tangan dengan sistem operasi Palm OS dan berisi memori 8 MB RAM dan memori flash 4 MB. PDA ini dilengkapi stylus untuk membantu menyentuh layar monokrom kecil, yang memiliki resolusi 160 × 160 piksel.

5. 2004
Microsoft merilis smartwatch SPOT atau Smart Objects Personal Technology. Sebuah inisiatif oleh Microsoft untuk personalisasi perangkat elektronik rumah tangga dan gadget sehari-hari lainnya. Jam tangan tersebut menawarkan informasi sekilas di mana perangkat lainnya menyediakan tindakan lebih lanjut. SPOT memiliki layar monokrom layar 90 × 126 pixel.

6. 2009
Pada 2009, Samsung meluncurkan smartwatch Phone S9110, gadget yang menampilkan layar LCD berwarna 1,76 inci (45 mm) layar LCD warna dan dengan tebal 11,98 milimeter.

7. 2010
Sony Ericsson meluncurkan Sony Ericsson Liveview, perangkat bluetooth eksternal untuk Smartphone Android berbentuk jam tangan.

8. 2013
Pada 2013, klaim smartwatch pertama yang mampu mengkaver fungsi smartphone, dilakukan oleh startup Omate bersama Truesmart. The TrueSmart berasal dari kampanye Kickstarter yang mengumpulkan lebih dari 1 juta dolar, menjadikannya 5 kampanye paling sukses Kickstarter.


Cara kerja

Agar dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada, smartwatch harus selalu terkoneksi dengan smartphone. Sebenarnya inilah tujuan di ciptakan smartwatch ini, yaitu sebagai pasangan bagi smartphone kita. Kita tidak perlu lagi repot-repot membuka smartphone yang tersimpan di saku atau dalam tas, untuk melihat SMS, Email atau panggilan telpon masuk atau lainnya. Cukup kita akses dari jam tangan pintar kita untuk menjalankan fungsi tersebut. Intinya kita bisa akses smartphone kita dari jam tangan pintar yang kita pakai.

Umumnya smartwatch terhubung ke smartphone menggunakan koneksi bluetooth. Setelah terhubung dengan smartphone, kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh smartwatch tersebut. Seperti pemberitahuan adanya SMS, Email atau telpon. Atau aplikasi lainnya yang bisa mengontrol samrtphone lewat smartwatch.

Smartwatch hanya bisa bekerja dengan smartphone yang menggunakan sistem operasi yang sama. Smartwatch android hanya cocok untuk smartphone android, smartwatch dari Apple,  iWatch misalnya hanya cocok untuk smartphone iPhone.

Ada juga smartwatch yang hanya bekerja dengan jenis smartphone tertentu saja walaupun menggunakan sistem operasi yang sama. Seperti smartwatch dari Samsung, Galaxy Gear yang hanya cocok untuk smartphone merek dari Samsung saja.

Namun demikian ada juga smartwatch yang menggunakan sistem operasi sendiri namun cocok atau kompatibel dengan smartphone android ataupun iOS. Seperti smartwatch Pebble misalnya yang dapat bekerja dengan iPhone atau smartphone android.

Berikut beberapa vendor  yang telah berkecimpung di dunia smartwatch :


1. Apple – Apple Watch (iWatch)

Hadir dengan tiga jenis bahan casing: Stainless steel, Aluminium (type sport), Lapisan Emas 18K (type edition). Juga hadir dengan dua ukuran 42mm dan 38 mm, masing-masing buat pergelangan tangan pria dan wanita. Bisa ditebak, Apple Watch hanya cocok untuk iPhone saja.


jenis apple smartwatch


2. Pebble

Pebble merupakan perusahaaan baru yang mulai memproduksi smartwatch sejak tahun lalu. Pebble Classic diluncurkan tahun lalu dan Pebble Steel diluncurkan tahun ini. Keunikan smartwatch merek Pebble ini adalah cocok untuk smartphone android maupun smartphone berbasis iOS (iPhone).


Pebble Classic dan Pebble Steel


3. LG

Beberapa smartwatch produk LG, seperti G Watch, G Watch R dan Watch Urbane. Salah satu keunikan smartwatch produk LG adalah tampilan yang mirip dengan jam tangan biasa, berkesan klasik. Produk smartwatch LG hanya cocok dengan smartphone Android.



LG Smartwatch: LG G Watch, LG G Watch R dan LG Watch Urbane


4. SONY

Beberapa smartwatch produk Sony seperti, Sony Smartwatch, Sony Smartwatch 2 dan Sony Smartwatch 3. Produk smartwatch Sony juga hanya cocok dengan smartphone Android.


Sony Smartwatch - Smartwatch 2 - Smartwatch 3


5. Samsung

Beberapa smartwatch produk Samsung, seperti Samsung Gear Fit, Samsung Gear 2, Samsung Gear Live. Perlu ditegaskan di sini bahwa, produk smartwatch Samsung hanya cocok dengan smartphone tertentu dari Samsung saja. Pastikan smartwatch Samsung yang anda beli cocok dengan jenis Smartphone Samsung yang anda miliki. Namun Samsung telah memproduksi smartwatch yang cocok untuk semua smartphone android, yaitu Samsung Gear Live.


Samsung Smartwatch: Gear Fit, Gear 2, Gear Live



Demikian gambaran sekilas tentang smartwatch. Perlu diperhatikan bagi yang berminat memiliki produk smartwatch pastikan cocok smartwatch yang dibeli cocok dengan smartphone yang anda miliki, karena smartwatch diciptakan untuk menjadi pasangan dari smartphone. Oleh karena itu perlu dipastikan kecocokannya dengan smartphone anda sebelum anda membelinya. J





Referensi:
http://m.solopos.com/2016/01/26/teknologi-terbaru-sejarah-perkembangan-smartwatch-684896

1 komentar:

  1. Smartwatch, Smart People. jam tangan pintar untuk orang-orang yang pintar pula hehehe

    BalasHapus