Minggu, 01 Mei 2016

Drone (UAV)

Belakangan ini drone menjadi buah bibir masyarakat Indonesia, karena banyak kegiatan yang sudah  dilakukan menggunakan alat ini. Drone adalah pesawat tanpa awak atau pesawat nirawak bisa juga disebut UAV( Unmanned Aerial Vehicle) yaitu sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya.

Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer, namun dengan berkembangnya jaman drone sudah beralih fungsi menjadi komersial, dimana pemanfaatannya bisa dimanfaatkan khalayak ramai, walaupun pengunaannya di bidang militer masih di andalkan.

Drone sangat membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya, bahkan ini sudah menjadi sebuah trend dikalangan masyarakat Indonesia. Manfaatnya yang cukup banyak itu yang membuat banyak masyarakat dunia sangat ingin memiliki drone pribadi. Berikut ini adalah kegunaan drone selain dalam bidang militer:

1. Survei lokasi dari udara




Misalkan anda punya sepetak lahan dan ingin melihat kondisi lahan tersebut. Sebelumnya kita hanya bisa survey dari darat dan mendatangi lokasinya secara langsung, sekarang dengan teknologi drone kita bisa melakukan survey dari udara.

Untuk perusahaan konstruksi, survei lokasi dari udara dapat membantu arsitektur pembangunan untuk melihat secara lebih detil perkembangan proyeknya dan dapat mendeteksi lebih dini apabila terdapat kesalahan dalam pembangunannya.

Bisa juga dipakai untuk memfoto rumah yang ingin dijual dari udara.


Yang lebih penting lagi, survei dari udara dapat dipakai pada misi penyelamatan, misalnya kecelakaan pesawat, kebakaran hutan, kapal karam, dan sebagainya.



        2. Beriklan



Drone merupakan objek yang pasti menarik minat dan perhatian masyarakat. Bayangkan apabila ada drone yang terbang di suatu acara dan drone tengah memajang spanduk toko, itu sangat menguntungkan pihak yang beriklan, karena pastinya akan mendapat perhatian dari masyarakat.

     3.  Aerial Cinematography


Misalkan di acara pernikahan dan video persiapan pengantin diputar. Gambarnya seakan-akan diambil dari atas helikopter, namun sebenarnya itu diambil memakai drone.

Atau kalau lihat berita di TV


Penggunaan drone untuk mengambil gambar ini bisa memangkas biaya produksi, karena kalau deploy helikopter untuk mengambil video pasti akan memakan biaya yang cukup mahal.

     4. Follow Me


Tergantung pemakaiannya, fitur follow me bisa dipakai untuk merekam permainan sport sampai mengikuti mobil sekalipun.

5. Delivery


Memang tidak umum di Indonesia, namun di luar negeri teknologi drone dapat dipakai untuk pengiriman barang, karena dianggap lebih efisien dan cepat.

Itulah beberapa pemanfaatan drone diluar bidang militer, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua J




Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar