Sabtu, 05 Maret 2016

Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015.

Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop), termasuk kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh.

Pengembangannya

Pada bulan April 2014, pada Konferensi Build, Terry Myerson dari Microsoft meluncurkan versi terbaru dari Windows yang menambahkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows di dalam jendela desktop, dan menu Mulai yang lebih tradisional. Menu Mulai baru yang terbentuk setelah desain Windows 7 dengan menggunakan hanya sebagian dari layar dan termasuk daftar aplikasi bergaya Windows 7 di kolom pertama. Kolom kedua menampilkan Metro UI aplikasi bergaya Windows 8. Myerson menyatakan bahwa perubahan ini akan terjadi dalam pembaruan masa depan, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. Microsoft juga meluncurkan konsep "aplikasi Windows universal", memungkinkan aplikasi Windows Runtime dapat diporting ke Windows Phone 8.1 dan Xbox One sementara berbagi basis kode yang sama, dan memungkinkan data pengguna dan lisensi untuk sebuah aplikasi yang akan dibagi antara beberapa platform.

Hal itu kemudian melaporkan bahwa Microsoft sedang mengerjakan pembaruan untuk Windows 8 dengan nama kode Threshold, dan itu berspekulasi Threshold yang akan dicap sebagai "Windows 9", "Windows X", atau "Windows One" (mengacu pada beberapa produk Microsoft baru-baru ini dengan merek yang sama, seperti Xbox One dan OneDrive) pada rilis publik. Demikian pula untuk "Blue" (yang menghasilkan Windows 8.1), Threshold juga menjadi kumpulan pemutakhiran yang dikoordinasikan di beberapa produk dan layanan Microsoft.

Pada bulan Juli 2014, CEO baru Microsoft Satya Nadella menjelaskan bahwa perusahaan berencana untuk "merampingkan versi berikutnya dari Windows dari tiga sistem operasi ke dalam satu sistem operasi konvergensi tunggal untuk layar dari semua ukuran", menyatukan Windows, Windows Phone, dan Windows Embedded sekitar arsitektur yang umum dan ekosistem aplikasi terpadu. Namun, Nadella menyatakan bahwa perubahan-perubahan internal yang tidak akan memiliki efek pada bagaimana sistem operasi yang dipasarkan dan dijual.

Tangkapan layar dari build Windows yang diakui menjadi Threshold yang bocor pada bulan Juli 2014, mengungkapkan menu Mulai disajikan sebelumnya dan aplikasi berjendela, bersama dengan sistem desktop maya baru, pusat pemberitahuan, dan, ikon sistem datar yang baru yang terinspirasi oleh bahasa desain Metro (menggantikan ikon sistem yang pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista). Pada bulan September 2014, Presiden Microsoft Indonesia Andreas Diantoro menyatakan bahwa Threshold akan tersedia secara gratis untuk semua pengguna Windows 8.

Edisi

Windows 10 akan tersedia dalam empat edisi utama untuk komputer meja, laptop, dan tablet; Windows 10 Home ditujukan untuk perangkat PC biasa dan memberikan fitur tingkat-konsumen; Windows 10 Pro menambahkan fitur tambahan yang ditujukan untuk pengguna mahir dan lingkungan bisnis; Windows 10 Enterprise berisi fitur tambahan yang ditujukan terhadap lingkungan bisnis; sementara Windows 10 Education merupakan versi yang mirip dengan Enterprise yang akan didistribusikan ke sekolah, kampus, dan universitas melalui program lisensi akademi Microsoft. Tiga edisi Windows 10 juga akan tersedia untuk perangkat bergerak dan benam.

Empat edisi utama dari Windows 10, yaitu:

·         Windows 10 Home: dirancang untuk digunakan dalam komputer meja, laptop, dan tablet. Edisi ini termasuk semua fitur tingkat-konsumen dan setara dengan versi dasar dari Windows 8, 8.1, Windows 7 Home Basic dan Home Premium.

·         Windows 10 Pro: sebanding dengan Windows 8 Pro, Windows 7 Professional dan Ultimate, dan Windows Vista Business dan Ultimate. Edisi ini dibangun dari edisi Home dan menambahkan fitur penting untuk bisnis, dan memiliki fitur yang setara dengan Windows 8.1 Pro.

·         Windows 10 Enterprise: memberikan semua fitur dari Windows 10 Pro, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dan akan memberikan fungsi yang setara dengan Windows 8.1 Enterprise dan hanya tersedia melalui lisensi volume.

·         Windows 10 Education: memberikan semua fitur Windows 10 Enterprise, dirancang untuk digunakan di sekolah, kampus dan universitas. Edisi ini akan tersedia melalui Lisensi Volume Akademi Microsoft, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise.

Edisi Windows 10 untuk perangkat bergerak dan benam, yaitu:

·         Windows 10 Mobile: dirancang untuk telepon cerdas dan tablet kecil. Edisi ini termasuk semua fitur konsumen dasar, termasuk kapabilitas Continuum. Ini merupakan suksesor secara de facto dari Windows Phone 8.1 dan Windows RT.

·         Windows 10 Mobile Enterprise: memberikan semua fitur Windows 10 Mobile, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise, tetapi dioptimalkan untuk perangkat bergerak.

·         Windows 10 IoT Core: akan dirancang khusus untuk digunakan dalam footprint kecil, perangkat berbiaya rendah dan skenario Internet of Things (IoT) dan akan mirip dengan Windows Embedded.

Versi Enterprise dan Mobile Enterprise juga akan dirilis untuk sistem benam.

Fitur

Antarmuka pengguna dan desktop

Antarmuka pengguna Windows 10 dirancang terutama untuk mengoptimalkan pengalaman berdasarkan jenis perangkat dan tersedia input, memberikan "pengalaman yang tepat pada perangkat yang tepat pada waktu yang tepat." Untuk perangkat non-sentuh, variasi menu Mulai sebelumnya digunakan sebagai bagian dari tampilan desktop, menampilkan kedua daftar tradisional aplikasi dan kotak pencarian pada sisi kiri, bersama dengan ubin hidup Windows 8 di sebelah kanan. Juga, beberapa ikon seperti ikon file explorer telah diberikan ikon datar baru, untuk mencocokkan dengan Metro UI. Microsoft mungkin akan mengubah semua ikon yang cocok satu sama lain. Sebuah sistem virtual desktop baru yang dikenal sebagai "Task View" juga ditambahkan; mirip dengan fungsi Exposé OS X, klik tombol Task View pada bilah tugas atau menyapukan dari kiri layar menampilkan semua jendela yang sedang terbuka pada desktop, yang memungkinkan pengguna untuk beralih di antara mereka, snap mereka ke sisi layar, atau beralih di antara beberapa ruang kerja. Aplikasi Bursa Windows, yang sebelumnya hanya dapat digunakan dalam lingkungan layar penuh, sekarang dapat digunakan dalam jendela pada desktop.

Layar Mulai masih digunakan dalam lingkungan sentuh, tapi sekarang berisi kolom di sisi kiri layar untuk menampilkan cara pintas dan tombol "Semua aplikasi", mirip dengan menu Mulai. Fitur lain yang direncanakan untuk membangun masa depan Windows 10 adalah Kontinum, yang menangani transisi antara berbasis-sentuhan dan non-sentuh antarmuka pada perangkat seperti konversi laptop dan tablet dengan keyboard Dock: bila keyboard terhubung, pengguna diminta jika mereka ingin beralih antara antarmuka pengguna sentuhan-dioptimalkan dan dioptimalkan untuk mouse dan keyboard.

Komponen sistem

Windows 10 akan memakai versi terbaru dari DirectX, yaitu DirectX 12 diperkenalkan pada awal tahun di acara GDC, bertujuan untuk menyediakan "konsol-tingkat efisiensi" dengan "mendekati logam" akses ke sumber daya perangkat keras, dan mengurangi CPU dan pemacu grafis overhead. Jendela konsol seperti Command Prompt sekarang menyediakan satu set baru "pilihan eksperimental" yang memodernisasi fungsionalitasnya; di antaranya termasuk pemotongan teks di output konsol, kemampuan untuk secara native memilih string teks menggunakan tetikus seperti pada program lain (tidak seperti alat "Tandai" yang sebelumnya diperlukan untuk melakukannya, yang tidak benar memperhitungkan jeda baris dan spasi di output), dan kemampuan untuk menggunakan tombol Control pintasan papan tombol tradisional di konsol, seperti menempelkan teks menggunakan Ctrl+V.

Kelebihan dan Kekurangannya

Banyak pihak yang mempertanyakan kenapa windows tidak memunculkan windows 9 tapi langsung windows 10. Padahal versi sebelumnya yang telah beredar adalah windows 8. Terry Myerson, kepala divisi sistem operasi microfost mengatakan bahwa microsoft tidak mengeluarkan windows 9 karena tidak layak. WIndows 10 merupakan sistem operasi yang lebih komperehensif, lebih jauh dari versi sebelumnya windows 8.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan windows terbaru ini?

Kelebihan Windows 10:

1.      Penggabungan tombol start menu windows 7 dan 8
Banyak yang mempermasalahkan tombol start menu pada windows 8 karena sangat berbeda dari versi sebelumnya windows 7. Itu alasannya sebagian besar pengguna windows 7 enggan beralih ke wins 8. Kekurangan tersebut dijadikan alasan kembalinya tombol start di bawah dengan penggabungan tampilan preview yang dinamis seperti windows 8.

2.      Bisa menampilkan beberapa aplikasi dalam satu layar
Anda bisa bekerja dalam satu layar. Fitur ini memang layak menjadi kelebihan windows 10 yang patut diacungi jempol. Pengguna lebih mudah memantau multi aplikasi dalam satu waktu agar lebih efisien.

3.      Adanya teknologi virtual dekstop
Dalam windows 10, Anda bisa membuat virtual dekstop. Artinya ada dua dekstop dalam satu layar yang bisa digunakan tema berbeda. Anda bisa cepat melakukan perpindahan dari tampilan dekstop ke dekstop lain. Nuansa ini memberikan pengalaman baru pengguna windows yang lebih baik.

4.      Bisa digunakan untuk semua perangkat
Perubahan besar ini dilakukan untuk menjaring pengguna lebih banyak dan memudahkan. Dengan windows 10, Anda bisa menginstallnya pada berbagai perangkat seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Kekurangan Windows 10:

1.      Windows 10 belum final
Peluncuran windows 10 sebenarnya masih belum final. Microsoft masih perlu memperhatikan feedback atau istilahnya tes pasar sebelum benar-benar menjadi final. Kekurangan dari windows 10 masih terus diperbaiki.

2.      Windows 10 tidak newbie friendly
Fitur pratinjau pada start menu sebenarnya ditujukan untuk pengguna ahli atau yang sudah familiar dengan windows 8. Kemungkinan masih terdapat bug bisa terjadi karena bukan produk final.

3.      Fitur dan performa belum optimal
Performa windows 10 masih belum optimal, seharusnya masih bisa diperbaiki. Dari segi tampilan, wins 10 juga masih sama seperti tampilan wins 8. Bahkan cortana, asisten virtual milik Microsoft pun masih belum tertanam pada wins 10.

4.      Kemungkinan besar masih banyak perubahan
Masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki terutama pada fitur-fitur baru. Tampilan windows 10 tidak sama dengan Windows Technical Preview yang sekarang digunakan. Perubahan-perubahan besar tersebut akan menjadi final pada pertengahan tahun depan.

Perbedaan dari Windows sebelumnya

Ada sekitar 7 perbedaan Windows 10 bila dibandingkan Windows sebelumnya. Berikut ini ulasan yang indoamaterasu coba dan rangkum untk perbedaanya:
1.      Widows Log In


1.      Widows Log In

Saat pertama kali komputer dinyalakan maka akan disambut Windows Log In, yang berisi User Name dan Password. Bisa dibilang tampilan Windows Log In ini lebih menawan bila dibandingkan Windows sebelumnya dimana muncul gambar jendela Windows yang disorot cahaya.

2.      Kembalinya Menu Shutdown

Microsoft sempat menghilangkan menu Shutdown "Power" dan menyembunyikannya pada sidebar sebelah kanan pada Windows 8. Kini pada Windows 10 dimunculkan kembali, dan letaknya mudah dicari yaitu dengan klik logo bendera "Windows".


3.      Adanya Fitur Task View

Fitur Task View mampu menampilkan  program apa saja yang dibuka saat itu juga. Tampilannya kotak-kotak sesuai dengan tema Windows ala metro. Cara menjalankannya cukup menggerakkan kursor ke taskbar Windows.


4.      Pencarian Lebih Cepat

Microsoft meletakkan kotak pencarian pada taskbar Windows 10 disamping logo bendera Windows. Anda tidak perlu menelusuri aplikasi satu persatu bila ingin membukanya dan cukup dengan mengetikkan kata kunci file atau aplikasi yang ingin dicari/ buka.


5.      Tampilan Menu Windows 10 Urut Sesuai Abjad

Pada Windows 10 daftar menu ditampilkan berdasarkan huruf abjad dengan label A, B, C, D, dan seterusnya. Kelihatannya memang sedikit membingungkan bila pertama kali menggunakan Windows 10.


6.      Personalisation

Personalisation adalah tempatnya mengatur tampilan dekstop Windows seperti background, colours, look screen, theme. Pada Windows 10 Personalisation tampilannya lebih cantik dan mudah dipahami.


7.      Hilangnya Control Panel

Saya sempat tekejut ketika ingin menguninstall program karena Control Panel hilang/tidak ada. Sebagai gantinya Microsoft menggantinya sengan "Settings". Programnya tidak selengkap Control Panel dan memang membingungkan. Bila ingin mengunistall program sebaiknya gunakan program dari pihak ketiga seperi iObit Uninstaller.






Referensi:
http://www.indoamaterasu.com/2015/08/7-perbedaan-windows-10-dengan-windows.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar