Selasa, 11 Desember 2018

3 Hal yang Menyebabkan Kram Perut di Luar Siklus Menstruasi


Penyebab perut kram pada wanita biasanya identik dengan sindrom pramenstruasi (PMS). Berdasarkan penelitian, lebih dari 20% wanita yang mengalami haid, merasakan kram perut yang sangat parah. Tetapi, ternyata, tidak semua kram tersebut diakibatkan oleh PMS. Ada beberapa hal lain yang ternyata juga dapat menyebabkan hal ini bisa terjadi pada wanita.

Endrometriosis
Endrometriosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan tumbuhnya jaringan yang seharusnya melindungi rahim, malah menumpuk dan menyebabkan terbentuknya suatu organ baru. Hal ini perlu untuk diwaspadai oleh setiap wanita, karena jika dibiarkan begitu saja, malah akan menyebabkan kista. Jika telah ada endrometriosis ini, maka perut akan merasakan sakit dan kram layaknya saat menjelang menstruasi.

Kista ovarium
Penyakit ini merupakan salah satu yang menjadi penyebab wanita dapat merasakan kram di luar masa menstruasi. Bentuknya berupa kantung kecil berisikan cairan yang terdapat pada ovarium. Umumnya, penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya, namun beberapa orang membutuhkan pengobatan lebih dalam karena kista yang dimiliki sudah terlalu parah

Fibroid Rahim
Ini merupakan tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim. Tanda-tanda yang bisa Anda rasakan jika mengidap penyakit ini adalah kram perut, sakit saat berhubungan seks, saluran kemih terasa tertekan dan kembung. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter jika tanda-tanda ini telah dirasakan.

Itu tadi penyebab yang mengakibatkan kram perut pada wanita di luar siklus menstruasi. Sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter jika memang hal ini telah Anda rasakan. Dan jika ingin mengetahui penyebab haid tidak lancar, Anda bisa mengetahuinya di https://www.guesehat.com/haid-tidak-lancar-mungkin-6-hal-ini-penyebabnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar