Selasa, 11 Desember 2018

5 Penyebab Wanita Mengalami Amenore atau Tidak Haid


Menstruasi adalah suatu kepastian yang akan terjadi pada seorang wanita. Mulai dari dia akil baliq hingga saat menopause tiba. Biasanya, hal ini akan terjadi secara rutin dalam siklus 28 hingga 30 hari. Namun, bukan hal baru lagi, banyak juga wanita yang tidak memiliki keteraturan dalam haid. Padahal, hal ini dapat menganggu kesehatan wanita itu sendiri. Tips lancar datang bulan bisa jadi hal yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Baik yang dilakukan secara alami, pengobatan tradisional atau juga dengan bantuan medis.
Seorang wanita yang tidak mengalami haid disebut juga dengan amenore. 
Ada dua macam amenore yang sudah dikenal masyarakat, yaitu:
  1. Amenore primer
Ini adalah kondisi seorang wanita yang belum pernah mengalami haid sama sekali padahal dia sudah berusia 16 tahun. Umumnya seorang wanita datang bulan pertama kali pada usia 12 tahun.
  1. Amenore sekunder
Kondisi ini dialami seorang wanita yang sudah pernah haid, namun dalam tiga bulan ke depan atau lebih, tidak pernah mengalaminya lagi. Ini adalah hal yang banyak terjadi pada sebagian perempuan.
Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan seorang wanita mengalami amenore, antara lain:
  1. Pola gaya hidup yang tidak sehat
  2. Ketidakseimbangan hormon
  3. Obat-obatan yang dikonsumsi
  4. Terjadi kelainan fisik pada organ reproduksi
  5. Adanya kelainan genetik
Jika Anda merasa mengalami amenore, baik primer atau pun sekunder, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar dapat diketahui penyebab dan cara menanggulanginya. Bisa jadi hal ini dikarenakan oleh gangguan tertentu yang bisa lebih jelas Anda baca di https://www.guesehat.com/8-masalah-kesehatan-penyebab-gangguan-menstruasi . Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar